RUKYAT DAN HISAB

April 24, 2016, by ranafiu

Saya termasuk yang mengakui keabsahan metode rukyat untuk penentuan awal bulan dalam kalender hijriyah, yang tentunya juga berpengaruh pada penetapan hari-hari besar Islam; salah satunya Idul Adha.

Ya, saya ikut membenarkan bahwa 10 Dzulhijah 1436 H jatuh pada hari Kamis, tanggal 24 September besok. Tapi bagaimana pun, saya sholat Id pagi ini.

"Lhoh, kok gitu Up?"

Haha. Lha gimana.
Saya memang mengakui keabsahan metode rukyat, tapi saya tidak bisa begitu saja mengesampingkan metode hisab. Lha wong saya berpegang padanya. Kadang-kadang memang gitu, diam-diam kita ikut mengakui kebenaran lain yang dianggap sebagai negasi dari apa yang selama ini kita yakini.
Saya pernah berpikir untuk mencoba merayakan hari lebaran pada tanggal yang ditetapkan dengan rukyat, ketika kebetulan para pelakon hisab menghasilkan keputusan berbeda. Saya pernah mencobanya. Tapi, baru sampai tahap berpikir, saya sudah goyah. Hati ini berontak, Dik. Tak sanggup Kanda melaksanakannya. Ada perasaan tidak nyaman, seperti hendak mengambil barang yang bukan kepunyaan sendiri.

Meski begitu, saya tetap respek pada jiwa-jiwa yang memilih jalan rukyat, dengan segala kemantapan hujjahnya. Hingga ingin sekali saya katakan pada Ribi, adik saya, kemarin sore, "Bi, Mbak Fina sama Mbak Rizka memang lebarannya besok. Tapi Ribi nggak harus kok ikut-ikutan besok. Mau milih yang hari Kamis juga boleh." 

Yah, meskipun pada akhirnya Ribi tetap memilih ikut lebaran hari ini.

Dari sini saya mulai paham, apa yang ada dalam pikiran seorang Pram (Pramoedya Ananta Toer) ketika mengirim calon menantunya untuk belajar agama islam pada tokoh yang merupakan musuh ideologi politiknya; Hamka. Saya juga bisa mengerti, bagaimana Abu Tholib bin Abdul Mutholib menganjurkan puteranya untuk mengikuti jalan hidup Kanjeng Nabi, tapi sendirinya wafat dalam keadaan enggan bersyahadat.

Selamat pagi. Selamat berpuasa. Selamat Idul Adha. :*

Pekalongan, 23 September 2015

0 comments

Hi,

Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy reading it. I'm so glad if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism to me to be able to write better.

Search on My Blog