SURAT CINTA #4: "KAMU SUKA APA?"

November 12, 2017

Saya sering dibuat terharu oleh usahanya menciptakan kebahagiaan-kebahagiaan kecil lewat hal-hal yang saya suka.

Awal-awal kami menikah, dia sering bertanya tentang apa yang saya suka. Entah itu hobi atau makanan. Apapun. Tapi saya terlanjur tumbuh menjadi pribadi yang sulit mengutarakan apa yang saya sukai. Bahkan terkadang saya sama sekali tidak tahu apa yang sedang saya suka, apa yang saya ingin, dan apa yang saya butuh. Suami saya menyadari itu. Dan dia belajar.

Hari-hari terlewati, dia menyadari bahwa istrinya begitu menyukai cokelat. Sejak itu dia rajin membawakan cokelat sepulang kerja, baik dalam bentuk minuman maupun cemilan. Ketika pada kesempatan berikutnya dia tahu bahwa istrinya menyukai pempek, dia tak segan-segan untuk mampir ke penjual pempek sekalipun itu jauh dan dia telah lelah bekerja seharian.
Kejadian semacam itu terus berulang. Dia menawarkan pada saya beberapa alat gambar; membelikan buku-buku; mengajak ke tempat-tempat baru; mencoba berbagai menu makanan yang belum pernah saya rasakan, lalu rutin bertanya, "Doyan?" atau "Suka?"; untuk melihat respon saya dan menilai apa yang sebenarnya saya suka.

Selalu begitu. Dan dia tak pernah lelah untuk bertanya apa keinginan saya dalam setiap aktivitas yang akan kami lakukan, seperti mau nonton film apa, mendengarkan lagu apa, pergi ke mana, dan banyak lagi yang lainnya.

Saya belajar mengenal diri sendiri justru dari dia yang awalnya tidak mengenal saya.

***

Terima kasih ya. Sehatlah selalu. Semoga Allah senantiasa memudahkan langkahmu, memberkahi rizqimu, melimpahkan nikmat dan keselamatan dunia-akhirat. Dan semoga aku beruntung untuk membersamaimu (dan anak-anak kita) di surga nanti. ❤

Selamat ulang tahun. Selamat Hari Ayah. Semoga ide-idemu dapat terus dikaryakan, dan apa yang menjadi angan dapat terwujud. Kami akan mendampingimu sampai batas yang Allah izinkan.

Ternate, 12 November 2017.
Dengan cinta,
Ibu, Arslan, dan adik-adiknya kelak.

You Might Also Like

0 comments

Like us on Instagram

Followers

Subscribe