MEMAHAMI POLA UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK

Juni 28, 2019, by ranafiu

Tantangan 10 Hari Melatih Kecerdasan Anak
Kelas Bunda Sayang #5 IIP Jakarta

Oleh: Ra'ufina



Family Project : Mengenal Pola (pattern) 

Definisi : Mengenalkan pada Singa tentang konsep pola melalui beragam permainan

Kecerdasan yang Dilatih : Kecerdasan Intelektual

Durasi : Cukup 5-10 menit/hari

Tim Pelaksana
Kapten : Ibok
Prajurit : Singa a.k.a Asqi (2y1m)

Goals :
1. Mengenalkan konsep pola untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
2. Melatih/memperpanjang rentang konsentrasi Singa
3. Membangkitkan logika dasar dan nalar
4. Mengasah rasa ingin tahu

Latar Belakang :

Sadarkah kita bahwa dunia ini diwarnai dengan begitu banyak pola? Mulai dari motif baju, warna pelangi, tata surya, pada hewan, lampu lalu lintas, jadwal kegiatan, sejarah, denyut jantung, sampai struktur DNA kita pun memiliki pola. 

Dan kehidupan manusia sendiri merupakan sekumpulan pola yang terus berulang. Itulah mengapa kita dianjurkan belajar sejarah, bukan untuk sekadar menghapal tanggal, tapi justru untuk mempelajari polanya. Apa penyebab munculnya masalah, bagaimana respon masing-masing pihak, dan mana taktik terbaik yang seharusnya dipakai untuk menyelesaikan konflik. Agar kita tahu cara mengatasi masalah ketika pola yang sama terjadi pada kita. Syukur-syukur dapat mengantisipasinya.


Day #8


Tema : Mengenal pola melalui lego

Media : Lego dan printable of pattern yang didapat dari internet



Saya ingat betul kapan pertama kalinya saya mengikuti Tes IQ. Awal masuk SMP. Dan masih teringat jelas bagaimana gambaran soal-soal Tes IQ; hampir semuanya berisi pola. Ya, pola sangat erat kaitannya dengan kecerdasan intelektual.


Tes IQ merupakan tolak ukur yang akurat untuk mengetahui prestasi akademik seseorang. Mengukur seberapa jauh kemampuan intelektual dan keterampilan kognitif seseorang lewat empat bidang kecerdasan: pemahaman verbal, penalaran persepsi (visual-spasial dan auditori), memori kerja (termasuk memori jangka pendek), dan kecepatan pemrosesan informasi atau pertanyaan.

Poin terakhir, saya kira, sangat berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan menyelesaikan masalah. Dan saya ingin Singa memiliki kemampuan-kemampuan itu kelak ketika dia dewasa. Maka yang bisa saya lakukan sekarang adalah dengan menstimulus kemampuan berpikirnya dengan permainan lego pattern. Sebab lego adalah mainan yang tak pernah bosan Singa mainkan.

Teknis Saya dan Singa baru beberapa kali memainkan permainan ini. Dari yang sudah kami lalui itu, Singa tampak belum bisa dan belum mau mengikuti arahan saya untuk menyusun lego berdasarkan pola yang tersedia. Maka pada permainan kali ini, saya terlebih dahulu menyiapkan printable dan susunan lego yang sudah disesuaikan warnanya. Singa tinggal mencocokkan, susunan lego mana yang warnanya sama dengan printable yang saya berikan.

Pelaksanaan dan Evaluasi

Waktu pelaksanaan : Selasa, 25 Juni 2019, pukul setengah 8 malam.

Ini tidak mudah, pemirsa. 😂

Tidak mudah membuat Singa mau duduk tenang dan berkonsentrasi memilah warna pada susunan lego. Satu menit saja sudah alhamdulillah. Dia sering teralihkan dengan mainan lain, atau bahkan lebih memilih berlari mengitari rumah. Akhirnya saya berkali-kali menunggunya selesai berlari, bergerak kesana-kemari, bermain hal lain, untuk kemudian mengajaknya kembali fokus pada lego pattern. Benar-benar harus sabar! 😂

Sebenarnya Singa sudah lihai mencocokkan warna. Sudah tahu urutan-urutan warna yang ada pada printable. Juga sudah bisa menyusunnya sendiri, sebetulnya. Hanya saja, butuh effort lebih untuk membuatnya mau duduk tenang dan fokus. Juga butuh kesabaran ekstra untuk menyemangatinya, sebab dia akan langsung frustasi jika gagal memasang lego. Duh, harus segera melatih AI (Adversity Intelligence atau kecerdasan menghadapi tantangan)-nya nih. 🙈

Hal yang Menarik : Permainan ini hanya bertahan 2 menit! Alhamdulillah, meskipun 2 menit tapi Singa bisa menyelesaikan misi pencocokkannya dengan baique. Dan dengan dibantu Ibok tentunya. Wkwk.


Gapapa, kita hanya perlu terus melatihnya. Rentang konsentrasi anak akan memanjang seiring dengan pembiasaan dan bertambahnya usia. 

ALHAMDULILLAH ~ 💕💕💕


‌Rangkaian project hari ini ditutup dengan lagu pengantar tidur:



Satu, satu, Asqi sayang Allah
Dua, dua, sayang Rasulullah
Tiga, tiga, sayang Makhluk Allah
Satu, dua, tiga, sayang semuanya

Mission accomplished ✔️

#Hari8
#Tantangan10Hari
#GameLevel3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBundaSayang

1 comments

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Hi,

Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy reading it. I'm so glad if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism to me to be able to write better.

Search on My Blog