BELAJAR KEBERAGAMAN MELALUI FAUNA SEKITAR

Juni 20, 2019, by ranafiu

Tantangan 10 Hari Melatih Kecerdasan Anak
Kelas Bunda Sayang #5 IIP Jakarta

Oleh: Ra'ufina

Bermain dengan Kucing. Sumber. doc.pribadi


Family Project : Berkenalan dengan Allah melalui Beragam Ciptaan-Nya

Definisi : Mengajak Singa untuk berkenalan dengan Allah melalui beragam ciptaan-Nya seperti tanaman, air, hewan, fenomena alam, dan anggota tubuh. Penggalian informasi secara sederhana tentang peran dan fungsi berbagai hal di sekitar kita, lalu dikaitkan dengan pemberian imaji positif tentang Segala Sifat Baik Allah.

Kecerdasan yang Dilatih : Kecerdasan Spiritual

Durasi : Project dilakukan selama 10 hari dengan objek yang berbeda setiap harinya. One week one project, one day one object.

Tim Pelaksana
Kapten : Ibok
Prajurit : Singa a.k.a Asqi (2y1m)

Goals :
1. Tumbuh rasa cinta kepada Allah dalam diri Singa (dan juga saya tentunya)
2. Intellectual curiousity-nya terasah
3. Memiliki imaji positif tentang alam dan kehidupan sekitar sebagai proses belajar
4. Wawasan dan perbendaharaan katanya bertambah
5. Saya jadi belajar lagi dan lagi tentang pengetahuan dasar

Catatan :

Sumber : Materi ke-3 Kuliah Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, 2019

Anak usia 0-6 tahun belum memiliki tanggung jawab moral, nalarnya pun belum tumbuh secara optimal, sehingga cara yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan spiritualnya (di rentang usia ini) adalah dengan menumbuhkan kecintaan kepada Allah melalui penggambaran-penggambaran yang baik tentang-Nya. Hal-hal yang bersifat syari'at termasuk ibadah wajib memang baik dikenalkan sejak dini, tapi tidak untuk diterapkan secara disiplin.

Karena untuk membuat anak rajin melakukan rutinitas ibadah dengan penuh kesadaran (nantinya), kita harus membuat mereka paham dulu, apa yang mereka lakukan dan mengapa. Apa alasan di balik rutinitas ibadah itu. Ialah Allah.

Bukankah siapapun akan lebih ikhlas berserah diri ketika cinta kepada-Nya telah terbit sepenuh hati?

Day #3

Tema : Keragaman fauna sekitar

Media : Hewan-hewan yang ada di sekitar rumah; seperti burung, ikan, kucing, dan cicak.

Teknis : Mengajak Singa mengenal ciri fisik dan keistimewaan hewan-hewan di sekitar rumah sebagai bagian dari proses belajar mengenal keanekaragaman. Bahwa kehidupan ini dipenuhi dengan perbedaan yang masing-masing membawa tujuan dan manfaat. Tidak bisa kura-kura dipaksa untuk bisa terbang, begitu pula ikan. Pun tidak bisa kupu-kupu dipaksa berenang. Semua ada porsinya. Semua memiliki keistimewaannya. Fokus pada kelebihan, karena di situ ada peran kehidupan.

Dengan mengenalkan keanekaragaman fauna sekitar pada Singa, selain ingin menumbuhkan rasa syukur dan kecintaannya pada sesama makhluk, saya juga berharap Singa akan tumbuh menjadi pribadi yang bijak dalam menyikapi perbedaan. Sebab pada dasarnya perbedaan adalah hal yang alami, sunnatullah. Tidak perlu disikapi dengan bar-bar, apalagi sampai merasa diri paling benar.

Pelaksanaan dan Evaluasi :

Waktu Pelakaanaan : Hari Rabu, 19 Juni 2019. Anytime saat melihat ada binatang di sekitar rumah.

Sebenarnya project ini akan lebih mudah dilakukan jika kami bisa mengumpulkan beberapa jenis hewan dalam satu waktu, lalu mengamatinya untuk ditemukan keistimewaannya masing-masing. Pengamatan secara langsung dan menyeluruh seperti itu tentu akan berdampak baik bagi perkembangan otak Singa. Karena anak seusianya memang masih membutuhkan hal-hal konkret sebagai media belajar.

Tapi, karena mengumpulkan hewan-hewan dalam satu waktu bukanlah hal yang mudah, maka kami menjalankan project ini tanpa terpatok waktu.

Kapanpun melihat cicak, maka saat itu pula kami mendiskusikannya. Kapanpun ada kucing datang ke rumah, maka saat itu pulalah kami melakukan pengamatan. Bagitu juga dengan semut, burung, dan ayam. Kami menjabarkan ciri fisik dan kemampuan masing-masing hewan.

Ini foto sebulan yang lalu saat bermain ke Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Singa selalu excited setiap kali melihat kucing. | Sumber: doc.pribadi

Dan seperti biasa, mantra sihirnya jangan dilupakan, "Allah baik banget, ya, Mas."

Secara keseluruhan, Singa tampak antusias dengan project mengenai hewan ini. Tapi sepertinya mengamati secara langsung dengan metode "sak nemune" begini kurang efektif untuk menggali lebih jauh. Karena hewan yang ditemui sering kali cepat pergi, sehingga fokus diskusi menjadi kabur sebab Singa lebih senang mengejarnya ketimbang mendengar ocehan Iboknya. 😆😆😆

Singa punya beberapa buku tentang hewan di Jakarta. Bahkan ada juga Ensiklopedia Fauna terbitan National Geographic yang superrrr lengkap. Saya kira itu akan sangat membantu. Semoga ya. *duh, pegen buru-buru balik Jakartaaaaa 😣

Hal yang Menarik :

Setelah ngobrol dengan Singa, saya justru makin menyadari bahwa hidup sedemikian kompleks dengan segala keragamannya. Hidup itu relatif. Ada hewan yang bersayap tapi tak bisa terbang, seperti bebek dan ayam. Ada yang tidak punya sirip tapi pandai berenang. Ada yang hidup di air tapi memiliki paru-paru. Ada hewan yang keberadaannya tidak banyak diketahui manusia, tapi mereka ada, dan tetap hidup sebagaimana mestinya.

Hidup tidak melulu tentang apa yang kita tahu. Sebab seringkali lebih banyak hal yang kita tidak ketahui daripada yang benar-benar kita pahami. Terus belajar. Terus menggali lebih dalam.

Hari ini, tidak hanya Singa yang belajar, saya pun juga. Bahkan lebih banyak.

Alhamdulillah.

Mission accomplished ✔️

#Hari3
#Tantangan10Hari
#GameLevel3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBundaSayang

2 comments

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Hi,

Thank you for visiting my blog. Hope you enjoy reading it. I'm so glad if you leave comments, feedback, suggestions, or criticism to me to be able to write better.

Search on My Blog