MENGENAL ALLAH MELALUI ANATOMI TUBUH

Tantangan 10 Hari Melatih Kecerdasan Anak
Kelas Bunda Sayang #5 IIP Jakarta

Oleh: Ra'ufina

📝📝📝📝📝📝📝📝

Family Project : Berkenalan dengan Allah melalui Beragam Ciptaan-Nya

Definisi : Mengajak Singa untuk berkenalan dengan Allah melalui beragam ciptaan-Nya seperti tanaman, air, hewan, fenomena alam, dan anggota tubuh. Penggalian informasi secara sederhana tentang peran dan fungsi berbagai hal di sekitar kita, lalu dikaitkan dengan pemberian imaji positif tentang Segala Sifat Baik Allah.

Kecerdasan yang Dilatih : Kecerdasan Spiritual

Durasi : Project dilakukan selama 10 hari dengan objek yang berbeda setiap harinya. One week one project, one day one object.

Tim Pelaksana
Kapten : Ibok
Prajurit : Singa a.k.a Asqi (2y1m)

Goals :
1. Tumbuh rasa cinta kepada Allah dalam diri Singa (dan juga saya tentunya)
2. Intellectual curiousity-nya terasah
3. Memiliki imaji positif tentang alam dan kehidupan sekitar sebagai proses belajar
4. Wawasan dan perbendaharaan katanya bertambah
5. Saya jadi belajar lagi dan lagi tentang pengetahuan dasar

Catatan :

Sumber : Materi ke-3 Kuliah Bunda Sayang Institut Ibu Profesional, 2019

Anak usia 0-6 tahun belum memiliki tanggung jawab moral, nalarnya pun belum tumbuh secara optimal, sehingga cara yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan spiritualnya (di rentang usia ini) adalah dengan menumbuhkan kecintaan kepada Allah melalui penggambaran-penggambaran yang baik tentang-Nya. Hal-hal yang bersifat syari'at termasuk ibadah wajib memang baik dikenalkan sejak dini, tapi tidak untuk diterapkan secara disiplin.

Karena untuk membuat anak rajin melakukan rutinitas ibadah dengan penuh kesadaran (nantinya), kita harus membuat mereka paham dulu, apa yang mereka lakukan dan mengapa. Apa alasan di balik rutinitas ibadah itu. Ialah Allah

Bukankah siapapun akan lebih ikhlas berserah diri ketika cinta kepada-Nya telah terbit sepenuh hati?

Day #1



Tema : Anatomi tubuh

Media : Lagu dan gerak tari Head, Shoulders, Knees, and Toes

Teknis : Mengajak Singa menyanyikan lagu Head, Shoulders, Knees, and Toes lalu mulai mengenalkan fungsi-fungsi tiap anggota tubuh secara sederhana. Jika Singa tampak tertarik, lanjutkan dengan membangkitkan rasa ingin tahu melalui pertanyaan, "Siapa sih yang menganugerahi mata, hidung, telinga ke Asqi?" atau bisa dengan pemberian imaji positif bahwa mata yang berfungsi baik ini adalah pemberian dari Allah. Tapi seandainya Singa tampak kurang tertarik dengan metode penjelasan semacam ini, maka tunda dulu. Lanjutkan bernyanyi, bergerak, lalu coba metode lain. Siapkan pula alternatif berupa buku, kartu bergambar, poster, maupun video.

Pelaksanaan dan Evaluasi :

‌Waktu pelaksanaan : 17 Juni 2019 pukul 10.12 WIB saat Singa sedang bermain bersama adik saya, Aufa. Jam 10 adalah waktu yang tepat sebab pertahanan fisik dan mental Singa sedang baik-baiknya; perut kenyang karena baru sarapan jam 8 (plus snack time jam 9), energi penuh, hati gembira bermain, masih jauh dari jam tidur siang sehingga belum ngantuk. 

‌Pada pelaksanaannya, saya dibantu oleh Aufa sebagai penyemangat Singa. Sehingga perannya bertambah menjadi: Kapten Ibok, Jenderal Aufa, dan Prajurit Singa.

Singa dan Aufa. Sumber: doc. Pribadi

‌Kami memulai project dengan menyanyikan lagu Head, Shoulders, Knees, and Toes dalam versi bahasa inggris dan bahasa indonesia. Lalu menjabarkan fungsi masing-masing anggota tubuh.

💙 : "Coba tunjukkan di mana mata Asqi?"
🦁 : (Menunjuk kedua matanya)
💙 : "Ada berapa mata Asqi?"
🦁 : "Uwaa." Artinya dua. Bukan karena dia sudah pandai menghitung, tapi memang semua pertanyaan 'berapa' akan dijawab dua. 😂
💙 : "Betuuul. Mata Asqi ada dua. Mata Ibok ada dua. Mata Fafa ada dua. Semua orang punya dua mata." (Sambil mengacungkan dua jari)
👧🏻 : "Dua itu begini, Qi." (Katanya sambil menghitung jari telunjuk dan jari tengahnya)
💙 : "Kalau mata itu buat apa sih, Mas?"
🦁 : "..."
👧🏻 : "Buat me-li- ...?" (Memancing Singa untuk menjawab)
🦁 : "..."
👧🏻 : "...hat."
💙 : "Iya, betul. Buat melihat. Melihat burung, melihat bunga, melihat pesawat yang terbang di langit, melihat Mbah, melihat motor, melihat semuuuaa yang ada di dunia ini."
💙 : "Mata buat apa, Mas?" (Mengulangi pertanyaan)
🦁 : "Hihat." Artinya melihat.
💙 : "Alhamdulillah. Pinter anak Ibok."

Dan pola obrolan yang sama berulang ketika membahas anggota tubuh yang lain.
‌Anggota tubuh yang berhasil kami kupas tadi adalah: Mata, telinga, hidung, mulut, dan tangan.
‌Setelah membahas fungsi anggota tubuh, saya dan Aufa melakukan semacam dialog spontan tentang "anggota tubuh sebagai pemberian dari Allah."

💙 : "Fafa, Siapa ya yang ngasih dua mata kepada kita untuk melihat?"
👧🏻 : "Allah."
💙 : "Kalau yang ngasih dua telinga untuk mendengar?"
👧🏻 : "Allah juga."
💙 : "Kalau mulut untuk makan dan berdoa?"
👧🏻 : "Allaaaah. Semua dikasih sama Allah."
💙 : (Menoleh ke Singa) "Dikasih sama Siapa, Mas?"
🦁 : "Allah."
💙 : "Waah, Allah baik banget ya. Ngasih semua yang kita butuhkan."
👧🏻 : (Mengangguk senang)
💙 : "Sekarang, kita bilang terima kasih yuk ke Allah. Dengan mengucapkan alhamdulillah."
💙👧🏻 : "Al-ham-du- ..."
💙👧🏻🦁 : "...li-llah."

Hal yang menarik :

  • ‌Hal yang menarik hari ini adalah kenyataan bahwa saya dibantu oleh adik bungsu saya, Aufa. Sangat membantu, karena dengan adanya Aufa, Singa jadi lumayan betah berlama-lama mendengarkan dialog kami. Meskipun tetap sambil bergerak kesana-kemari
  • Rencana yang saya buat sebenarnya simple, intinya mengenalkan Allah melalui anggota tubuh. Tapi pada pelaksanaannya, obrolan kami justru melebar ke banyak hal. Contohnya ketika menyebutkan fungsi hidung, kami jadi membahas macam-macam bau dan contohnya. Bau enak --> Harum/wangi: bunga, sabun mandi, shampoo, dan parfum. Sedap: opor ayam, ikan bakar, dll. Bau tak enak --> Busuk: sampah, kotoran (pup), makanan basi. Bau asem: Asqi yang belum mandi. 😂 ‌
  • Tidak hanya itu, ketika mandi sore, saat saya mengusapkan sabun mandi ke seluruh badannya, saya meminta Singa mencium aroma sabun mandi dengan cara menghirup udara di dekat sabun. Lalu saya mengatakan bahwa sabun ini aromanya wangi. Singa mengulangi perkataan saya. "Sabun wangi." Katanya. Dia bahkan mengatakan bahwa shampoo juga wangi. Ternyata dia ingat tentang obrolan tadi pagi. Masyaa Allah pintarnya anak Ibok.
‌Rangkaian project hari ini ditutup dengan lagu pengantar tidur:


Satu, satu, Asqi sayang Allah

Dua, dua, sayang Rasulullah
Tiga, tiga, sayang Makhluk Allah
Satu, dua, tiga, sayang semuanya

Alhamdulillah.

Mission accomplished ✔️

#Hari1
#Tantangan10Hari
#GameLevel3
#MyFamilyMyTeam
#KuliahBundaSayang

0 comments:

Posting Komentar