SehatQ, Referensi Kesehatan Digital bagi Keluarga Milenial

Lima tahun yang lalu, ketika saya masih bekerja di sebuah rumah sakit di Pekalongan, saya tidak pernah merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai keluhan kesehatan yang saya (dan keluarga saya) alami. Teman-teman saya adalah tenaga kesehatan, dokter-dokter selalu ada dalam jangkauan pandang. Sangat mudah bagi saya untuk bertanya dan meminta advis untuk penanganan lanjutan. Kalaupun ternyata keluhan yang kami alami perlu ditangani langsung oleh dokter spesialis atau harus dibawa ke fasilitas kesehatan dengan kategori tertentu, saya tahu kemana harus pergi. Sebab saya mengenal dengan baik kota kecil tempat saya tinggal. Dan sedikit banyak saya juga tahu reputasi para dokter spesialis di sana.

Tapi, takdir membawa saya pada keputusan untuk resign dari pekerjaan dan mengikuti suami ke Jakarta. Disinilah cerita itu dimulai...

Sebagai perantau yang bisa dibilang tidak memiliki kerabat dekat di Jakarta, seringkali saya merasa kesulitan mencari layanan kesehatan yang match dengan kondisi keluarga kami. Kita sama-sama tahu bahwa Jakarta adalah pusat kemajuan di Nusantara. Ada banyak dokter hebat di sini, dan ada begitu banyak fasilitas kesehatan yang mumpuni. Tapi saya sama sekali tidak tahu mana yang nyaman untuk konsultasi (kan ada tuh dokter yang lebih fokus pada kemungkinan terburuk dari suatu gejala, sehingga dalam penyampaiannya mungkin terkesan nakut-nakutin pasiennya, bikin pasiennya makin stress dan ngedrop. Nah, saya prefer untuk menghindari tipe yang seperti itu), mana yang style pengobatannya cocok dengan kami, dan mana yang (ini paling penting) jadwal prakteknya sejalan dengan jadwal hariannya suami.

Saya harus bersyukur karena dianugerahi keluarga kecil yang jarang sakit. Tapi tentu ada kondisi dimana saya tetap butuh bertanya kepada para ahli tentang kesehatan keluarga kami. Dan kondisi semacam ini hadir beberapa bulan yang lalu.

Saya positif hamil. Saya tengah mengandung anak kedua. Dan hasil USG ketika usia kehamilan saya 9 minggu (kebetulan waktu itu periksa USG-nya di Pekalongan) adalah kembar. Saya kaget bukan main, karena dalam silsilah keluarga saya dan suami, tidak ada keturunan kembar. Sehingga saya sama sekali tidak pernah mengantisipasi adanya kehamilan kembar. Ini berdampak cukup buruk pada psikis saya. Saya jadi lebih mudah panik dengan apa-apa yang saya rasakan dalam tubuh saya. Saya menjadi mudah bingung dalam mengambil keputusan. Ada semacam ketakutan bahwa kedua janin saya tumbuh dan berkembang tidak sesuai semestinya karena ibunya tidak tahu apa-apa. Padahal saya seorang bidan! Dan kehamilan seharusnya menjadi medan yang saya kuasai.

Saya mengalami kontraksi rahim di usia 13 minggu. Kontraksi yang lumayan sering meskipun tanpa disertai flek atau perdarahan. Beberapa hari setelahnya, kabar tentang kematian janin kembar Irish Bella tersiar di media. Penyebabnya adalah TTTS (Twin to Twin Tranfusion Syndrome), adanya ketidakseimbangan aliran darah diantara dua janin yang berbagi satu plasenta. Dan menurut pengakuan Irish Bella, pada awalnya dia merasakan sering kontraksi. Deg! Makin paniklah saya. Suami menawarkan untuk kontrol USG, tapi saya belum menemukan jadwal SpOG perempuan yang cocok (ya, suami saya maunya saya diperiksa oleh dokter perempuan saja). Dan beberapa rekomendasi dari teman lokasinya terlalu jauh untuk kami jangkau. 

Cari-cari informasi di internet justru membuat saya makin bingung, karena terlalu banyak informasi tetapi tidak tahu mana yang lebih akurat. Sampai kemudian muncul lah sebuah tayangan aplikasi chat dokter di salah satu hasil pencarian mesin google. Buru-buru buka Google Playstore, dan baru tahu ternyata ada cukup banyak aplikasi chat dokter gratis yang tersedia. Cuppu banget kan? 😂 Saya pun langsung download beberapa diantaranya. Lalu mulai scroll fitur-fitur yang ada di dalamnya. Dan jatuh hati pada satu aplikasi : SehatQ.

Apa itu SehatQ?

SehatQ adalah salah satu platform kesehatan digital pendatang baru di Indonesia, yang namanya mulai banyak diperbincangkan. Kurang dari setahun setelah meresmikan situs webnya, baru-baru ini SehatQ meluncurkan aplikasi smartphone untuk memudahkan penggunanya dalam mengakses informasi kesehatan yang kredible dan akurat.

"SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman. Apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik." -Linda Wijaya, Founder dan CEO SehatQ.

Keeren banget ya konsepnya! 
Kesan pertama saya pada aplikasi SehatQ ini adalah ukuran memorinya tidak besar, visualnya menarik dengan nuansa tosca, dan tidak lemot ketika dioperasikan. Sehingga nyaman digunakan.

Nah, apa saja sih fitur-fitur dan kelebihan pada aplikasi ini yang membuat saya jatuh hati?

Fitur-Fitur dalam Aplikasi SehatQ

www.sehatq.com

Seperti yang bisa dilihat pada tampilan situs www.sehatq.com di atas, ada banyak sekali fitur-fitur yang sangat membantu kita dalam mengelola kesehatan. Dari mulai informasi tentang penyakit, obat, fasilitas kesehatan, artikel kesehatan, sampai chat dokter realtime, dan booking dokter untuk pelayanan tatap muka. Saya akan kupas satu persatu apa yang sudah saya dapatkan dari sana. Simak terus ya! 

Fitur Chat Dokter dan Tanya Dokter

Karena Chat Dokter merupakan salah satu fitur unggulan dalam aplikasi SehatQ, maka saya akan membahasnya terlebih dahulu.

Fitur ini adalah layanan konsultasi kesehatan secara realtime bersama tim dokter SehatQ yang sudah berpengalaman. Kita bisa melakukan konsultasi dimanapun tanpa perlu mendatangi fasilitas kesehatan, tanpa perlu mengantre, tanpa perlu mengeluarkan biaya transpotasi menuju rumah sakit, dan tanpa biaya konsultasi. Semuanya gratis, dan yang paling penting; sifatnya rahasia.

Saya sudah mencoba fitur ini ketika kemarin sedang panik-paniknya akibat rahim yang sering kontraksi padahal usia kehamilan masih di awal trimester kedua. Sebelum chat dimulai, kita akan diminta mengisi form data diri singkat beserta keluhan dan riwayat penyakit yang pernah diderita. Setelah terisi, kita bisa langsung memulai chat, dan aplikasi SehatQ akan langsung menghubungkan kita dengan tim dokter (dokter umum) yang sedang online.



Saya cukup puas karena dokternya ramah dan sabar dalam melakukan anamnesa (menanyakan informasi tentang kondisi yang berhubungan dengan keluhan), sehingga saya bisa menemukan apa yang kira-kira menjadi penyebab munculnya kontraksi di awal kehamilan ini. Dokternya pun tampak berusaha selalu menggunakan kalimat yang positif sehingga kepanikan saya berangsur memudar. Saya jadi bisa berpikir jernih tentang apa yang bisa saya lakukan untuk menanganinya.

Durasi konsultasi saya di fitur chat dokter itu tak lebih dari 16 menit. Tapi cukup padat informasi karena dokternya membalas chat dengan cepat, mungkin lebih cepat dari chattingan sama pacar padahal jelas-jelas doi sedang online #eh 🙊. Secara garis besar, layanan ini bisa membantu kita mencari tahu apa yang sedang terjadi sehingga kita bisa mengambil keputusan yang tepat untuk menanganinya; apakah perlu segera dilakukan pemeriksaan medis atau cukup dengan perawatan di rumah. Ada kalanya beberapa diantara kita malas atau risih pergi ke dokter kalau belum merasakan sakit yang 'parah', tapi kalau tidak dikonsultasikan kepada dokter kok ya ga nyaman, dan cenderung mengganggu rutinitas. Nah, fitur chat dokter ini adalah jawaban.

Sayangnya, fitur chat dokter ini belum tersedia 24 jam. Fitur ini bisa diakses secara terbatas pada hari Senin-Jum'at jam 07.00-20.00 WIB. Jadi, kita tidak bisa melakukan chat dokter diluar batas waktu tersebut. Tapi tenang, SehatQ menyediakan fitur Forum Kesehatan yang merupakan layanan tanya jawab dengan dokter secara online. Layanan ini bisa diakses kapanpun selama 24 jam dalam sepekan. Kita bebas menanyakan apa saja terkait kondisi kesehatan dengan identitas yang bisa dirahasiakan. Tim dokter akan menjawab sesegera mungkin, meskipun tidak bisa realtime seperti saat menggunakan fitur chat dokter.

www.sehatq.com

Fitur Booking Dokter

Nah, fitur unggulan kedua adalah Booking Dokter. Fitur ini membantu kita memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 15.000 dokter yang sudah terdaftar di SehatQ. Tidak hanya dokter, tetapi juga fasilitas kesehatannya. Pada tampilan fitur booking dokter, kita bisa mencari rujukan dokter spesialis yang diinginkan, melihat profil dokter, tempat praktik dokter, dan jadwal praktiknya di masing-masing lokasi. Sedangkan pada tampilan fitur booking fasilitas kesehatan, kita bisa mengetahui alamatnya yang dapat dihubungkan ke Google Maps, jaraknya dengan lokasi kita, jam operasional, jadwal dokter, dan penilaian dari orang-orang yang pernah menggunakan layanan kesehatan di sana yang diambil dari Googel Review. Komplit banget, kaaaan?

Kerennya lagi, fitur ini menyediakan sub-filter berupa opsi urutkan, kategori, dan filter yang sangat rapih dan lengkap.

  • Urutkan. Ini adalah pilihan untuk mengurutkan hasil pencarian berdasarkan 3 hal; jarak terdekat, abjad A-Z, dan Z-A. Cocok untuk kita yang mencari dokter atau fasilitas kesehatan yang dapat dijangkau dalam jarak dekat.
  • Kategori. Pada kategori fasilitas kesehatan, kita dapat memilih macam-macam bentuk fasilitas, seperti rumah sakit, puskesmas, laboratorium, dan klinik. Dan pada kategori dokter, kita bisa melihat 28 spesialisasi bidang kedokteran, dari dokter umum, penyakit dalam, bedah, kandungan, saraf, hematologi, psikolog, rehabilitasi medik, dan masih banyak lagi.
  • Filter. Berisi lokasi praktik, pilihan hari dalam jadwal praktik, jenis kelamin dokter, dan fasilitas layanan kesehatan yang ingin kita utamakan dalam sebuah instansi, misalnya; ruang besalin, NICU, MRI, hemodialisa, dll.
Gabungan ketiganya akan sangat membantu kita dalam mengerucutkan pilihan dokter/fasilitas kesehatan yang sesuai dengan kriteria yang kita cari. Kalau sudah ketemu dokternya, tinggal booking deh. Praktis tanpa perlu mendatangi lokasi praktik dokter yang dituju. 

Oh, ya. Aplikasi ini juga bisa membantu kita yang ingin melakukan pembayaran dengan asuransi. Ada pilihan pembayaran yang disediakan, pribadi atau asuransi. Nantinya, kita tinggal memilih layanan asuransi yang tersedia dalam jaringan asuransi yang dipakai.

Fitur Artkel Kesehatan

Hal menarik lainnya yang bisa kita peroleh dari aplikasi SehatQ ini adalah adanya artikel kesehatan yang bersumber dari para dokter atau sudah ditinjau oleh tim dokter yang kompeten di bidangnya. Sangat bisa dipertanggungjawabkan dan dijamin no hoax ya, gaes. Jadi, daripada mencari artikel di internet yang sumbernya entah dari mana dan berujung kesalahan penanganan, lebih baik cari artikel di SehatQ ini.


Kategori artikel yang tersedia dalam fitur ini juga cukup lengkap dan menarik. Tidak melulu soal kesehatan fisik yang berkaitan dengan penyakit, SehatQ memuat kategori lain seperti parenting, sex & relationship, dan BPJS. Kita juga bisa melihat kategori mana yang paling banyak dibaca melalui fitur pencarian populer.

Dilansir dari dailysocial.id, total sudah ada ribuan konten kesehatan yang telah diterbitkan di fitur artikel dalam aplikasi SehatQ ini.

"Tim konten kami tergolong cukup kuat. Setiap minggunya kami produksi konten hingga 200 artikel lengkap dengan infografis dan data pendukungnya. Ada tim dokter yang bantu kami melihat akurasi konten apakah sudah sesuai atau belum sebelum dipublikasi." -Aniela Maria, Head of Communications SehatQ

Fitur Obat

Ini adalah fitur yang tak kalah menarik. Dan bagi saya pribadi, ini yang terfavorit. Tidak banyak platform kesehatan digital yang menyediakan informasi tentang obat-obatan sampai sedetail ini. Fitur obat dalam aplikasi SehatQ menyajikan semua daftar obat dari A-Z lengkap dengan penjelasannya.

www.sehatq.com/obat

Dilengkapi foto produk dan sediaannya, fitur ini memuat informasi mengenai golongan obat (apakah termasuk ke dalam obat keras, obat bebas terbatas, atau produk konsumen yang dijual bebas), deskripsi, komposisi, indikasi, kontraindikasi, dosis, aturan pakai, efek samping, interaksi obat, dan perhatian khusus. Lengkap banget!

Ini sudah seperti kamus obat digital. Membuat saya berandai-andai kalau saja aplikasi SehatQ sudah ada sejak saya kuliah, tentu akan sangat memudahkan dalam mengerjakan tugas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan pasien saat magang di instansi kesehatan. Tapi, tanpa harus kembali ke masa kuliah pun, SehatQ sudah sangat membantu saya di masa sekarang. Bagi generasi milenial seperti kita yang dituntut untuk lebih melek informasi dari berbagai aspek kehidupan, terutama kesehatan keluarga, aplikasi ini hadir menjadi asisten pribadi yang sangat bisa diandalkan.

Pernah gak kalian disuruh oleh kakek atau nenek kalian untuk membeli obat hanya dengan berbekal bungkusnya saja? Dengan alasan, beliau merasa tubuhnya membaik kalau minum obat itu. Pernah? Saya sering, setidaknya dulu ketika masih duduk di bangku sekolah. Tak jarang, saya ditolak oleh apoteker karena obat yang saya minta ternyata termasuk golongan obat keras yang harus menyertakan resep dokter. Ya saat itu, mana saya tahu kan?

Nah, sekarang, kita bisa mengecek dulu obat yang akan dibeli, apakah termasuk obat yang memerlukan resep dokter atau dapat dibeli dengan bebas.

Fitur Penyakit

Kurang lebih sama dengan fitur obat, Fitur Penyakit berisi daftar penyakit dari A-Z beserta penjelasannya dari mulai definisi, gejala, sampai pengobatannya. Dan masing-masing artikel tentang penyakit ini sudah ditinjau oleh tim dokter SehatQ. Banyak pula diantaranya ditulis langsung oleh para dokter. Aplikasi ini juga menyertakan spesialisi dokter yang terkait dengan masing-masing penyakit untuk memudahkan kita mengetahui kemana harus memeriksakan diri jika keluhan tersebut kita rasakan. Misalnya saja, BAB Berdarah, bagi yang belum tahu mungkin akan bingung BAB berdarah ini masuk ke ranahnya dokter spesialis apa? SehatQ menjawab kebingungan itu dengan memberi informasi dokter spesialis terkait, dalam hal ini; dr.Sp.PD atau spesialis penyakit dalam.

www.sehatq.com/penyakit
Yang menarik, tiap artikel penyakit di aplikasi SehatQ ini dilengkapi dengan ilustrasi yang menggambarkan secara sederhana proses penyakit tersebut dalam tubuh kita. Membuat mata kita nyaman untuk berlama-lama berada di aplikasi ini.

Fitur Lainnya

Fitur lainnya dalam aplikasi SehatQ ini adalah Fitur Acara dan Promo Kesehatan.

Buat kalian yang suka mengikuti acara-acara seperti seminar, kelas, olahraga, yang berkaitan dengan kesehatan, terutama yang tinggal di area Jabodetabek dan sekitarnya, SehatQ menyediakan fitur acara untuk menginformasikan kepada para penggunanya terkait acara kesehatan yang diadakan di lingkungan terdekat kita. Lengkap dengan jadwal, informasi pendaftaran, dan biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti acara tersebut.

www.sehatq.com/promo

Dan yang tidak boleh ketinggalan, ada banyak sekali informasi tentang promo-promo kesehatan yang menarik.

Ada promo paket medical checkup, paket persalinan, pemeriksaan medis, tes laboratorium, pencegahan penyakit, kesehatan gigi, perawatan kecantikan, dan masih banyak lagi. Diskonnya besar-besar, bahkan ada lho yang diskon 100% khusus untuk kalian yang melakukan reservasi melalui SehatQ.

Kalau dicermati, kebanyakan promo kesehatan di fitur ini berhubungan dengan pencegahan penyakit atau kesadaran kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum jatuh sakit. Di sini bisa kita lihat bersama, bahwa tujuan SehatQ bukan hanya untuk mendampingi keluarga Indonesia dalam mengobati keluhan, melainkan juga untuk mengajak kita lebih aware pada tubuh sendiri dan menjalani pola hidup sehat.

Meskipun saat ini acara dan promo kesehatan yang ditayangkan dalam aplikasi SehatQ masih terbatas di wilayah Jabodetabek, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa SehatQ akan terus memperluas area informasinya sampai ke seluruh penjuru Nusantara. So, mari kita dukung SehatQ untuk berkembang lebih baik lagi.

Manfaat Platform Kesehatan Digital bagi Keluarga

Setelah mengulas tentang fitur-fitur menarik dalam aplikasi SehatQ, saya (dan mungkin juga kalian) makin menyadari betapa pentingnya peranan platform kesehatan digital di masa kini. Di era dimana teknologi dan internet sudah menjadi bagian dari keseharian, hampir 24 jam standby di dekat smartphone dengan koneksi internet yang terus menyala, dan ribuan informasi yang membanjiri linimasa social media, tentu membuat generasi sekarang menjadikan internet sebagai rujukan awal dalam mencari data. Untuk itulah, dibutuhkan platform digital yang kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan untuk menjawab tantangan kesehatan di masa sekarang.

Apa saja manfaat SehatQ sebagai platform digital kesehatan bagi keluarga?


www.sehatq.com

Asisten Pribadi Kesehatan Keluarga

Sibuk bekerja, tidak punya cukup waktu luang, jarak yang terlalu jauh untuk ditempuh, macet, panas, gejala sakit yang masih terasa ringan, adalah serentetan alasan yang membuat generasi sekarang enggan mendatangi layanan kesehatan meski sebenarnya mereka sadar bahwa mereka butuh. SehatQ  menjawab kebutuhan itu dengan kesediaan menjadi mitra yang menghubungkan kita pada fasilitas dan tenaga kesehatan tanpa perlu ribet. Kita hanya perlu meng-install aplikasinya di smartphone untuk mendapat banyak kemudahan.

Konsultasi dengan Dokter Lebih Mudah

Kadang ada saja alasan yang kita ungkapkan untuk menunda pergi ke dokter. 

"Malu ah, sekujur tubuh dipenuhi gatal-gatal. Ntar dilihatin banyak orang."

"Ga sempat."

"Males ngantrinya."

"Sayang uangnya, mending dipakai untuk kebutuhan yang lain. Nanti juga sembuh sendiri kok."

"Mau ke dokter, tapi kasihan si kecil kalau diajak. Di tempat dokter kan isinya orang sakit, kalau si kecil tertular virus bagaimana?"

Dan segudang alasan lain, yang tentu tidak sepenuhnya salah. Masing-masing dari kita menginginkan kemudahan dan kenyamanan dalam banyak hal, termasuk konsultasi dengan dokter. Nah, dengan adanya platform kesehatan digital seperti SehatQ, yang menyediakan fitur Chat Dokter dan forum Tanya Dokter secara gratis, kita bisa dengan mudah berkonsultasi pada dokter kapanpun dan dimanapun tanpa perlu risih atau malu karena privasi kita dijaga dengan baik.

Uptodate pada Perkembangan Informasi Kesehatan

Ilmu pengetahuan itu berkembang. Jika dulu kita hanya mengenal pil, suntik, kondom, dan IUD sebagai pilihan metode kontrasepsi, sekarang kita tahu ada spermisida dan diafragma juga. Penelitian akan terus dilakukan, dan dengan demikian pengetahuan akan terus berkembang. 

Head of Communications SehatQ telah menjamin bahwa artikel yang tayang di aplikasi telah melewati penilaian akurasi dari tim dokter dan diupdate secara berkala untuk menjaga kebaruan informasi di dalamnya. Hal ini sangat membantu kita untuk melek info kesehatan terkini tanpa perlu termakan hoax.

Motivasi Hidup Sehat Meningkat

Makin menjamurnya resto dan cafe yang menjual junk food, cemilan enak, dan minuman dengan kadar gula yang tinggi membuat kita seakan lupa untuk menjaga keseimbangan asupan gizi dalam tubuh. Kesibukan kita pada rutinitas pekerjaan juga menjadi alsan untuk mengesampingkan olahraga. Mungkin inilah yang secara tidak langsung menyebabkan angka stress meningkat di kalangan usia produktif. Dan orang yang stress lebih rentang terserang penyakit karena imunitasnya menurun.

Padahal kita tahu, stress dapat diminimalisir dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Tapi kenapa sulit sekali ya, untuk hidup sehat? Bisa jadi karena kita kurang termotivasi. Saya pribadi menyadari hal itu.

Menjawab masalah ini, SehatQ berupaya terus mengkampanyekan pola hidup sehat kepada para penggunanya melalui konten-konten kesehatan yang tidak hanya informatif, tetapi juga persuasif. Membagikan tips-tips untuk memulai hidup sehat dan rekomendasi menu makanan sehat yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Selain kesehatan fisik, SehatQ juga peduli pada issue kesehatan mental. Saya lihat, cukup banyak artikel yang mengulas tentang kesehatan mental, seperti cara mencintai diri sendiri (self love), komunikasi sehat dengan pasangan, dan puluhan artikel lainnya. Saya kira, ini cukup memotivasi kita untuk mulai menjalani pola hidup sehat dari sekarang. Asalkan, kita rajin-rajin membuka aplikasinya ya! :)

sumber foto: dailysocial.id/sehatq

Saya mendapatkan manfaat yang begitu banyak dari satu aplikasi. Sekarang saya tidak lagi cemas dengan keluhan kehamilan yang saya rasakan, karena saya dapat bertanya pada dokter kapanpun saya mau. Saya juga ingin teman-teman mendapatkan manfaat yang sama. Untuk itulah, saya membagikan tulisan ini. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa install aplikasi SehatQ.

P.S. Tulisan ini saya ikut sertakan dalam SehatQ Blog Competition 2019.

2 komentar:

  1. Saya juga sudah coba chat di sehatQ.com. Dan seketika pertanyaan saya dibalas oleh Dokternya langsung. Wah ini beda banget dengan aplikasi kesehatan lainnya. Chat langsung dengan dokter, tentu bikin kita leluasa menanyakan seputar keluhan kita. Keren deh pokonya sehatq.com (kangamir.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah mimpi apa saya, kangamir mampir ke blog saya. :D
      Betul mas, saya pribadi pun merasakan kepuasan ketika menggunakan aplikasi SehatQ. Semoga kedepannya SehatQ makin berkembang dan sukses.

      Hapus